Blog Vanila Catering

Informasi menarik seputar pernikahan
cara membuat ketupat 30 menit
18
Mei

Cara Praktis Membuat Ketupat Lebaran 30 Menit Persiapan

Tidak terasa saat ini kita akan memasuki pertengahan bulan Ramadhan, yang artinya kurang lebih setengah bulan lagi kita berjumpa dengan hari raya Idul Fitri 1440 H. Semua persiapan sudah mulai dipersiapkan sejak saat ini untuk menyambut hari kemenangan tersebut.

Salah satu persiapan yang biasanya sudah mulai dipikirkan sejak jauh hari oleh masyarakat Indonesia adalah sajian untuk hari raya nanti. Nah, umumnya juga masyarakat Indonesia terutama yang berada di Pulau Jawa menggunakan menu ketupat sebagai salah satu sajian khas lebaran.

Ketupat terbuat dari beras yang dibungkus dengan janur yang telah dianyam membentuk kotak. Saat mendekati lebaran, tidak sedikit pedagang selongsong ketupat di pinggir jalan maupun di pasar. Dengan demikian untuk membuat ketupat, Anda tidak perlu repot-repot membuat selongsong ketupat sendiri di rumah.

Resep Ketupat Lebaran

Selain rasanya yang gurih, membuat ketupat sangatlah praktis dan mudah, namun masih ada sebagian orang yang kerap kali mengalami kegagalan atau ketupat yang dibuatnya tidak enak, lembek dan terlalu keras sehingga merasa kesulitan dalam membuat ketupat.

Sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi, karena Vanila Catering akan membantu Anda untuk mengatasi kesulitan dalam membuat ketupat melalui resep praktis membuat ketupat berikut ini.

Waktu Memasak

Persiapan : 30 menit

Memasak : 3 jam

Total : 3 jam 30 menit

Jumlah Porsi : 9 buah

Bahan Membuat Ketupat Lebaran

  • 500 gram beras
  • Garam 3/4 sendok teh atau secukupnya
  • 9 buah selongsong ketupat

Cara Membuat Ketupat Lebaran

  1. Cuci beras sampai bersih. Cuci beras hingga air cucian beras berwarna bening. Tiriskan.
  2. Ambil selongsong ketupat yang sudah Anda sediakan. Tarik setiap anyaman untuk mengencangkannya dengan tujuan supaya ketupat berwarna putih mulis tanpa garis-garis cokelat.
  3. Buka ujung selongsong ketupat lalu geser ke arah bawah hingga terbuka.
  4. Masukkan beras yang telah dicuci lalu campurkan dengan garam hingga 60 persen dari volume selongsong ketupat.
  5. Kerat bagian tengah anyaman terakhir lalu selipkan ujung daun janur sampai kedua ujung daun janur dapat bertemu.
  6. Gabungkan ketupat, lalu ikat daun janurnya.
  7. Rebus air hingga mendidih dalam panci berukuran besar.
  8. Jika telah mendidih, masukkan ketupat yang sudah Anda buat tadi. Rebus hingga matang, kurang lebih 3 jam.
  9. Setelah matang, silahkan angkat dan tiriskan.

Itu tadi langkah-langkah membuat ketupat dengan praktis. Setelah ketupat beras selesai dibuat dan sudah matang, Anda bisa langsung menyantapnya selagi hangat. Anda bisa memoting ketupat menjadi dua bagian dengan memakai pisau, lalu potong dadu dengan ukuran sesuai selera. Sajikan ketupat bersama dengan sayur tahu atau sayur daging serta pelengkap lainnya seperti sambal atau kerupuk.

Baca Juga : Wow! Ini 7 Resep Masakan Buka Puasa Paling Praktis

Selamat mencoba dan jangan lupa untuk share atau bagikan resep ini kepada keluarga, sahabat dan teman Anda, bisa melalui Facebook, Instgram maupun WhatsApp, dengan cara klik tombol share yang telah kami sediakan. Terima kasih dan selamat mencoba di rumah.

Leave a Reply

Chat
1
Konsultasi Wedding New Normal
Klik tombol chat berikut untuk konsultasi dengan tim kami mengenai Wedding di Era New Normal
Powered by