Blog Vanila Catering

Informasi menarik seputar pernikahan
nastar khas
08
Mei

Resep dan Cara Membuat Nastar Nanas Khas Lebaran

Nastar merupakan kue yang sangat identik dengan hari raya Idul Fitri. Nastar seakan wajib ada ketika hari raya sudah tiba. Kue nastar sendiri merupakan salah satu jenis kue kering yang unik karena bentuknya yang kecil dan bulat menjadikannya terlihat imut.

Bagaimana cara membuat kue nastar? Kue kering berisi selai nanas ini selalu menjadi favorit dan wajib ada di atas meja tamu ketika hari raya tiba, terutama di bulan Ramadan dan Idul Fitri nanti. Bahkan di bulan-bulan lainnya, nastar dapat menjadi camilan bersama keluarga.

Jika selama ini kamu selalu membeli kue nastar, nggak ada salahnya untuk mencoba membuatnya sendiri di rumah. Berhubung masih dalam situasi pandemi, membuat nastar dapat menjadi kegiatan mengisi waktu puasa yang menyenangkan. Berikut ini resep kue nastar dan cara membuatnya yang dapat kamu coba.

Nastar Nanas

Nastar adalah sejenis kue kering terbuat dari tepung terigu, mentega dan telur yang diisi dengan selai buah nanas. Asal katanya dari bahasa Belanda ananas dan taart. Bentuk kue ini bulat-bulat dengan diameter sekitar 2 cm, di atasnya sering dihias dengan potongan kecil kismis atau keju.

Selain itu sekarang nastar juga dibuat dengan selai buah lain, misalnya stroberi, bluberi, dan lain-lain. Nastar biasanya dihidangkan pada hari-hari raya, mulai dari Natal, Idul Fitri, sampai tahun baru Imlek. Nastar biasanya dijual dalam kemasan toples plastik di toko roti, toko kue, dan pasar swalayan.Kue nastar sendiri kini sudah berkembang dengan berbagai resep nastar yang bervariasi.

kue kering seperti Nastar merupakan kue yang sangat banyak digemari masyarakat pada saat moment Lebaran tiba. Kue ini biasa disajikan untuk menyambut tamu, maupun keluarga yang berkunjung ke rumah.

Tak usah berlama lama lagi. Bagi anda yang sedang mencari resep membuat nastar, berikut resep dan cara membuat nastar dengan berisikan selai nanas.

Bahan Nastar Nanas

Bahan Utama:

  • 350 gram tepung terigu
  • 500 gram selai nanas
  • 150 gram butter
  • 100 gram margarin
  • 100 gram keju edam, parut kasar
  • 80 gram gula halus

Bahan Selai:

  • 3 butir kuning telur
  • 2 sdm susu cair
  • keju cheddar, parut secukupnya

Cara Membuat

  1. Masukkan margarin, butter, dan gula halus ke dalam wadah. Kocok semua bahan sampai tercampur merata dengan bantuan mixer. Gunakan kecepatan rendah saja.
  2. Setelah itu, tambahkan kuning telur sambil terus mengaduk adonan. Masukkan keju edam yang sudah diparut ke dalam adonan, lalu aduk cukup menggunakan spatula hingga tercampur rata.
  3. Masukkan tepung terigu dan susu bubuk sambil diayak ke dalam adonan. Aduk dengan spatula sambai memadat dan bisa dibentuk. Jika sudah, istirahatkan sebentar.
  4. Selanjutnya, ambil satu sendok teh adonan, lalu isi dengan selai nanas. Bentuk menjadi bulatan atau sesuai selera, tapi pastikan tertutup rapat. Susun kue di atas loyang yang sudah dialasi dengan baking paper.
  5. Olesi terlebih dahulu bagian atas kue dengan campuran kuning telur dan susu cair. Taburi pula dengan sedikit keju parut di atasnya.
  6. Setelah itu, masukkan loyang ke dalam oven dan panggang nastar nanas selama kurang lebih 45 menit. Pastikan suhu oven sudah 150 derajat Celsius, ya.
  7. Jika sudah matang dan kering, segera keluarkan dan tunggu dingin, lalu simpan di dalam stoples.

Image: instagram.com/lily.casa

Leave a Reply

Chat
1
Konsultasi Wedding New Normal
Klik tombol chat berikut untuk konsultasi dengan tim kami mengenai Wedding di Era New Normal
Powered by